Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Akan Datangnya Hari Kiamat Menurut Islam


Ciri-Ciri Akan Datangnya Hari Kiamat Menurut Islam


Saat ini ramai Orang membicarakan tentang hari kiamat, saat hancurannya bumi seisinya dan kemudian dibangkitkannya kembali manusia. Yang sedang hangat didiskusikan saat ini adalah kapan kiamat itu tiba. Bukan masalah ada atau tidaknya akan datangnya hari kiamat, karena hampir semua orang percaya akan datangnya hari kiamat.

Kehidupan di dunia adalah salah satu fase kehidupan yang dilalui oleh manusia, suatu saat nanti dunia ini akan hancur dan berakhir kemudian manusia berpindah kepada fase kehidupan alam akhirat. Akhir kehidupan dunia inilah yang disebut kiamat.

Sesungguhnya setiap makhluk hidup memiliki tanda-tanda Peng akhiran hidupnya di dunia yaitu kematian. Tanda dekatnya kematian manusia adalah rambut beruban menjadi putih, umur bertambah tua, sakit atau lemah. Begitu juga halnya dengan hewan, hampir sama dengan manusia. sedangkan tumbuhan ditandai dengan warna menguning, kering, jatuh, lalu hancur. Demikian juga alam semesta, memiliki tanda-tanda akhir masanya seperti kehancuran dan kerusakan.

Bagaimana dengan hari kiamat yang sebenarnya? Tentu saja akan lebih dahsyat, lebih besar dan lebih mengerikan dari apa yang kita bayangkan. dalam Al-Quran Allah banyak menyebutkan tentang kejadian di hari kiamat. Tanpa keraguan sedikit pun di dalamnya, Umat inslam meyakini bahwa kiamat pasti akan tiba. Kepastian terjadinya ditetapkan oleh dalil-dalil al-Quran dalam jumlah yang banyak.

Menurut para ulama besar dalam Al-Qu'an dan hadist Rasul Tahapan-tahapan proses mendekatinya Kiamat besar (yaumal kiyamah) ada beberapa tahapan yaitu:
  1. Kemunculan Imam Mahdi
  2. Kemunculan Dajjal
  3. Turunnya Nabi Isa as.
  4. Kemunculan ya'juj dan ma'juj
  5. Terbitnya matahari dari barat ke timur
  6. Pintu pengampun akan ditutup
  7. Dab'bat al-Ard aka keluar dari tanah dan akan menandai muslim yang sesungguhnya
  8. Kabut selama 40 hari akan mematikan semua orang beriman sejati sehingga mereka tidak perlu mengalami tanda-tanda kiamat lainnya
  9. Sebuah kebakaran besar akan menyebabkan kerusakan
  10. Pemusnahan atau runtuhnya Kiblat muslim yaitu Ka'bah
  11. Tulisan isi Al-Qur'an akan lenyap
  12. Tiupan sangkala yang pertama kalinya membuat semua makhluk hidup merasa kaget yang sangat dan ketakutan yang membuat perasaan putus asa
  13. Tiupan sangkala yang kedua kalinya akan membuat semua makhluk hidup dan mati
  14. Dan tiupan sangkala yang ketiga yang membuat setiap makhluk bangkit kembali hidup